twitter
rss


     Memahami psikologi pendidikan anak sangat penting dilakukan oleh para orang tua dan guru. Dengan memahami psikologi pendidikan anak secara baik, orang tua dan guru dapat menerapkan metode-metode pendidikan yang sesuai kebutuhan dan tahap perkembangan anak. Dengan demikian, hasil dari proses mendidik pun akan optimal.
     Psikologi pendidikan anak berbeda-beda di setiap tahap usia. Psikologi pendidikan anak usia SD tentu saja berbeda dengan psikologi pendidikan anak usia dini ataupun anak-anak pada jenjang pendidikan di atas sekolah dasar. Untuk memahami psikologi pendidikan anak usia sekolah dasar, dapat mulai dengan memahami karaterisktik anak yang duduk di jenjang pendidikan dasar ini. Berikut ini adalah karateristik yang umum dimiliki anak-anak usia SD.
1. Senang bergerak
Berbeda dengan orang dewasa yang betah duduk berjam-jam, anak-anak usia SD lebih senang bergerak. Anak-anak usia ini dapat duduk dengan tenang maksimal sekitar 30 menit.
2. Senang bermain
Dunia anak memang dunia bermain yang penuh kegembiraan, demikian juga dengan anak-anak usia sekolah dasar, mereka masih sangat senang bermain. Apalagi anak-anak SD kelas rendah.

3. Senang melakukan sesuatu secara langsung
Ana-anak usia SD akan lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan guru jika ia dapat mempraktikkan sendiri secara langsung pelajaran tersebut.
4. Senang bekerja dalam kelompok
Pada usia SD, anak-anak mulai intens bersosialisi. Pergaulan dengan kelompok sebaya, akan membuat anak usia SD bisa belajar banyak hal, misalnya setia kawan, bekerja sama, dan bersaing secara sehat.
     Dengan memahami karakteristik anak-anak usia sekolah dasar di atas, para guru dapat memahami psikologi pendidikan anak, yang pada akhirnya mampu memilih metode pembelajaran yang tepat untuk anak.
     Sesuai dengan karakteristik anak-anak usia sekolah dasar di atas, berikut ini adalah beberapa model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak, yang dapat diterapkan oleh para guru.
1. Metode pendidikan yang memungkinkan anak untuk bergerak atau berpindah tempat.
2. Metode pembelajaran yang sarat dengan permainan-permainan.
3. Metode pembelajaran yang memberikan anak kesempatan untuk belajar atau bekerja secara kelompok.
4. Metode pembelajaran yang memberikan anak kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses belajar.

sumber : psikologiperkembangan.com

4 komentar:

  1. Min minta contoh dong metode pembelajaran yang arat dengan permainan-permainan. Curcol bentar y, awal saya ngajar kelas satu say tu kaget banget, knp anak2 gak bisa diem disini diteanangin eh sebalah sana ribut, saya sempat down tapi saya memutuskan untuk menyerah, maklum ya saya bukan pgsd saya spd, jadi saya gak begitu expert soal anak sd, sory kalau curcol.

  1. terimakasih atas informasinya. Salam Sukses. Klik-> http://www.mulyatamapsikologi.com

  1. Assalamkum , Ijin Shere, Syukur-syukur Berguna Kami Produsen & Supplier Furniture Mungkin Bisa Di Add PIN saya Buat Silatuhrahmi, Atau Nambah-nambah Relasi Dengan Kami.
    Pin: 29B6FE54
    Call Us : 082-220-960-468.
    Email: fauzulghufron@gmail.com
    web:www.galeryfurniturejepara.com
    web: www.indomebeljati.com,
    Addres: JL. Jepara -Kudus, Desa Tahunan, Kec Tahunan, Kab Jepara, Jawa Tengah, Indonesia , Pos:59451, Dengan Senag Hati Menjalin Silatuhrahmi dengan anda Amin , Semoga Bermanfaat,

  1. Memahamii Psikologi Pendidikan Anak Usia SD memang sangat diperlukan bagi pengajar. Informasi ini sangat membantu saya dalam memahami psikologi anak didik kami. Bisa dijadikan inspirasi dalam membuat RPP Kurikulum 2013

Posting Komentar